SpongeBob SquarePants

Hello friends

Sunday, June 8, 2014

Klasifikasi Teknologi Informasi Menurut Ukuran



Klasifikasi Teknologi Informasi Menurut Ukuran

Teknologi informasi adalah teknologi yang memanfaatkan computer sebagai perangkat utama untuk mengelola data menjadi informasi yang sangat bermanfaat.
Teknologi informasi dapat diklasifikasikan menurut ukurannya, antara lain:
  •           Mikro computer

Komputer mikro adalah komputer personal (personal computer/PC) yang umumnya single user atau stand alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan periferal card untuk koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di meja tempat bekerja atau belajar. Dengan perkembangan teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil dan portabel seperti notebook yang memiliki kemampuan sama dengan PC desktop. Oleh sebagian orang, notebook disebut sebagai laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan saat ini juga terdapat PC tablet, personal Data Asistant (PDA) atau PC saku (pocket PC) yang kemampuannya hampir sama dengan notebook..
Fungsi utama dari personal computer adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna). Personal computer dapat digunakan untuk kebutuhan menulis seperti mengetik dan menyimpan bahan tulisan, untuk kebutuhan  internet, browsing dan download , untuk kebutuhan akan multimedia seperti memutar lagu, video dan film, untuk mendesain gambar, memanipulasi foto, desain grafis 3D, meng-edit video atau lagu, bahkan untuk membuat sebuah durasi film. ,untuk kebutuhan entertain seperti bermain games 3D tingkat tinggi dan games yang terkoneksi dengan internet (games-online).
 Memori yang dimiliki oleh sebuah personal komputer pada awalnya hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya memori sebuah personal komputer sampai diatas 128 MB (Mega Byte). 1 MB sama dengan 1024 KB. Ukuran main memory mikrokomputer  berkisar 16 KB sampai lebih dari 1 MB ,dan Konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit, 32 bit atau 64 bit . Komputer personal model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat ini.
         
Gambar : Mikro computer

  •    Computer workstation
Komputer Workstation (Terminal kerja) merupakan mesin yang powerfull. Artinya di komputer ini segala pekerjaan diselesaikan. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit. Komputer-komputer ini menggunakan UNIX atau beberapa operating system/sistem operasi NT. Komputer-komputer ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerful seperti Digital Alpha atau MIPS.
            







 

Workstation biasanya terhubung satu sama lain membentuk sebuah jaringan yang menggunakan data base untuk keperluan perusahaan. Dalam istilah jaringan (networking) workstation merupakan computer sebagai (client). 
 
            Kemampuan Operasi workstation dapat memproses data secara cepat karena menggunakan operating system berlisensi, dan menggunakan paket hardware (perangkat keras yg khusus) untuk suatu perusahaan. Tergantung penggunaannya dalam proses tertentu.
            Pada Workstation mampu menjalankan program secara link up (terhubung) sehingga proses transfer data dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, mampu menggunakan system data base secara networking/ online. Workstation juga memiliki memory internal yang sangat besar guna menampung data suatu perusahaan.
Workstation sebenarnya adalah komputer desktop yang memiliki kelebihan utama dalam hal kemampuan prosesor, memory yang besar, dan kemampuannya dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa tinggi, seperti aplikasi 3 dimensi, grafik, multimedia . Atau dioptimalkan untuk visualisasi dan manipulasi data, juga untuk simulasi energy , animasi , rendering video ,dan mathematical plots.
Computer Workstation juga bermanfaat untuk bidang desain grafis, arsitektur, penggunaan autocad, photo / video / audio editing, programmer (membuat program), DBMS (Data Base management system), Accounting,  secretary, perbankan, game test center. Selain itu berguna sebagai user interface dan komunikasi jarak jauh melalui wecam.

  •     Mini computer

Komputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam duniaIBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server. Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server, karena peran utamanya adalah mengkoordinasi suatu jaringan komputer. 
        Gambar: mini computer
 
Ukuran main memory  pada minicomputer berkisar 4 MB sampai lebih dari 128 MB, dan Konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit, 32 bit atau 64 bit
Terakhir muncul komputer mini yang dihasilkan oleh yayasan nirlaba Raspberry Pi Foundation asal Inggris yang didirikan oleh David Braben. Kreasi komputer mungil ini sengaja ditujukan bagi anak-anak yang belum memerlukan aktivitas komputasi kompleks sehingga hanya bisa melakukan proses seperti ber-Internet, aplikasi office ringan, dan permainan sederhana.

  •    Mainframe computer
Mainframe/ bisa juga disebut komputer besar, merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.
Mainframe umumnya digunakan dalam suatu perusahaan atau organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian,keperluan militer atau transaksi finansial.Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaaan besar yang mampu menggunakannya. Contoh jenis mainframe yang terkenal adalah IBM S/390 Paralel Enterprise Server.
Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar dan disamping itu mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama.
       
Gambar: Mainframe computer

  • Super computer
Super computer adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalan-kan tugasnya.

Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer. Super computer juga bisa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan perancangan roket.

Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio. Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap berbagai data dari satelit,  juga digunakan oleh Depertemen Energi Amerika Serikat untuk melakukan simulasi pengujian nuklir. maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super komputer dari Amerika. Komputer ini memiliki 8192 prosesor yang dapat memproses 12,3 trilyun instruksi per detik, memakan tempat seluas 1200 kaki kuadrat (William dan Sawyer, 2003).
      


       Gambar: super komputer


Gambar : Computer workstation

No comments:

Post a Comment