SpongeBob SquarePants

Hello friends

Tuesday, June 26, 2018

FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

FAKTOR EKSTERNAL yakni faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuh tumbuhan.
1) NUTRISI
2) CAHAYA
3) SUHU
4) KELEMBAPAN
5) AIR

NUTRISI
Nutrisi atau zat makanan diperlukan tumbuhan sebagai energi dan sumber materi untuk sintesis berbagai komponen sel yang diperlukan selama pertumbuhan. Unsur-unsur yang diperlukan oleh tumbuhan dalam jumlah relatif besar disebut unsur makro (makroelemen) yaitu : C, O, H, N, S, P, K,Ca, Mg. Unsur-unsur yang diperlukan oleh tumbuhan dalam jumlah kecil disebut unsur mikro (mikroelemen) yaitu: Fe, Cl, Cu, Mn, Zn, Mo, B, Ni. Jika kebutuhan salah satu unsur tersebut tidak dipenuhi, proses metabolisme tubuh tumbuhan akan terhambat, dan hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan.
Unsur-unsur di atas dapat diuraikan sebagai berikut :
Nitrogen (N) merupakan komponen struktural protein, asam nukleat, hormon , dan enzim.
Kalium (K) berfungsi untuk mengatur keseimbangan ion didalam sel serta merupakan kofactor enzim dan berperan di dalam metabolisme karbohidrat.
Fosfor (P) merupakan penyusun fosfolipid asam nukleat dan ATP (adenosin triposfat).
Sulfur (S) merupakan komponen asam amino, sistein, metionin, dan beberapa vitamin.
Magnesium (Mg) merupakan penyusun klorofil dan kofactor beberapa enzim.
Kalsium (Ca) berfungsi untuk mempertahankan permeabilitas membran plasma dan menyusun asam pekat dalam lamela tengah.
Besi (Fe) berperan dalam pembentukan klorofil dan merupakan bagian terpenting dari enzim sitokrom, periaksidase dan katalase.
Boron (B) belum diketahui fungsinya secara jelas, diduga berperan dalam transpor glukosa.
Mangan (Mn) merupakan kofactor enzim pernapasan, fotosintesis, dan metabolisme nitrogen.
Seng (Zn) berperan dalam sintesis asam amino serta merupakan oktivator enzim dehidroginase.
Tembaga (Cu) berperan dalam transfer elektron di dalam kloroplas dan merupakan bagian dari enzim reaksi oksidasi-reduksi.
Molibdenum (Mo) merupakan bagian dari enzim pereduksi nitrat dan fiksasi nitrogen.

CAHAYA
Cahaya merupakan faktor yang menghambat pertumbuhan karena dapat menyebabkan translokasi (perpindahan lokasi) hormon auksin. Hal ini dapat dibuktikan dengan menempatkan dua pot kecambah, yang satu disimpan ditempat yang gelap dan yang lain ditempat yang terang atau banyak cahaya. Dalam beberapa hari kecambah di tempat gelap lebih cepat tumbuh dengan ruas-ruas yang panjang, tetapi keadaannya lemah. Pertumbuhan yang cepat di tempat gelap disebut etiolasi.
Gambar: perbandingan perkecambahan (a) tempat terang dan (b) tempat gelap, dalam beberapa hari.


SUHU
Pada umumnya tumbuhan membutuhkan suhu tertentu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, yang disebut suhu optimum. Suhu paling rendah yang masih memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh disebut suhu minimum, sedangkan suhu paling tinggi disebut suhu maksimum. Setiap tumbuhan mempunyai suhu minimum, optimum dan maksimum yang berbeda-beda. Keberadaan suhu ini berhubungan dengan kerja enzim. Jika suhu terlalu tinggi /terlalu rendah maka enzim akan rusak.

Perbandingan Suhu
  • SUHU MINIMUM : Suhu terendah dimana tumbuhan masih dapat tumbuh. Daerah tropis 10°c, suptopis 5°c.
  • SUHU MAKSIMUM : Suhu tertinggi dimana tumbuhan masih dapat tumbuh. Adalah 40°c.
  • SUHU OPTIMUM : Suhu yang paling sesuai bagi pertumbuhan tumbuhan, yaitu 20°c – 37°c.


KELEMBAPAN
Kelembapan udara dan tanah sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhan. Kelembapan udara mempengaruhi proses penguapan air yang berkaitan dengan penyerapan unsur hara. Jika kelembapan udara rendah, penguapan akan besar sehingga penyerapan unsur hara pun makin banyak. Hal ini dapat memacu pertumbuhan. Kelembapan tanah bergantung pada kandungan organik di dalamnya. Makin tinggi kandungan organik dalam tanah, makin banyak pula jumlah air yang dapat diikat. Beberapa tumbuhan yang berkembang biak secara generatif, memerlukan kelembapan lebih rendah sehingga tumbuhan tersebut berbunga pada awal musim kemarau.
AIR
Tanpa air tumbuhan tidak akan tumbuh. Air termasuk senyawa utama yang sangat dibutuhkan tumbuhan. Air berfungsi antara lain untuk fotosintesis, mengaktifkan reaksi enzimatik, menjaga kelembapan, dan membantu perkecambahan bijj. Tanpa air reaksi kimia dalam sel tidak akan berlangsung sehingga mengakibatkan tumbuhan mati. Oleh karena itu , siramilah tanaman di pekarangan rumah secara teratur dengan air secukupnya.
GAMBAR Struktur Daun

 

 Gambar Struktur Lapisan Akar

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, Love You My Viewers.
Baca juga : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN -ILMU BIOLOGI

No comments:

Post a Comment