SpongeBob SquarePants

Hello friends

Monday, June 25, 2018

Pendapatan Nasional

Materi pembahasan :

  • Perkiraan pendapatan dan produk nasional
  • Produk nasional
  • Pendapatan nasional atas dasar biaya faktor produksi
  • Pendekatan perhitungan pendapatan nasional
Pendapatan nasional merupakan suatu tolak ukur keberhasilan suatu negara. Pengertian Pendapatan Nasional Hal-hal lain juga untuk mengukur keberhasilan suatu negara yaitu :

  1. Produk nasional
  2. Tingkat kesempatan kerja
  3. Tingkat harga ( keadaan  suatu negara dinyatakan makmur jika harga barang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi)
  4. Tingkat neraca pembayaran internasional /luar negeri (jika ekspor lebih besar dari impor maka perekonomian baik, tetapi jika impor lebih besar dari ekspor maka utang negara lebih banyak)

  • Perkiraan pendapatan dan produk nasional

Perkiraan pendapatan dan produk nasional merupakan rekening /perkiraan yang biasanya disebut account yang memuat disatu sisi komponen komponen pendapatan nasional dan disisi lain komponen-komponen produk nasional
Berikut ini Gambar tabel perkiraan pendapatan dan produk nasional :
Dalam tabel perkiraan pendapatan nasional dan produk nasional dicatat komponen-komponen produk nasional. Disisi kiri dimiat komponen-komponen pendapatan nasional yang terdiri dari upah dan gaji, sewa , bunga, laba yang bilamana dijumlahkan diperoleh Pendapatan Nasional Atas Dasar Biaya Faktor Produksi. Pendapatan nasional atas dasar biaya faktor produksi jika ditambah transfer perusahaan, pajak tidak langsung dikurangi subsdidi dan ditambah penyusutan adalah Pendapatan Nasional Atas Dasar Harga Pasar. Sisi kanan memuat komponen-komponen produk nasional seperti pengeluaran konsumsi, pengeluaran investasi, pengeluaran pemerintah, dan ekspor neto adalah merupakan Produk Nasional Atas Dasar Harga Pasar. Tiap komponen Produk Nasional tersebut mencerminkan macam pengunaan hasil produksi yang dihasilkan dalam suatu perekonomian. Dari segi lain dapat pula dikatakan bahwa tiap komponen menunjukan besarnya pengeluaran/ ekspediture dari masing-masing sektor dalam perekonomian tersebut.

  • Produk Nasional

Dalam perekonomian suatu bangsa , ada empat faktor yang dikenal, diantaranya:
  1. Sektor Keluarga / Sektor konsumen
  2. Sektor Perusahaan
  3. Sektor pemerintah
  4. sektor perdagangan luar negeri
Sektor Keluarga dan sektor perusahaan adalah pembentukan sektor swasta, artinya sektor keluarga melakukan pengeluaran konsumsi dan sektor perusahaan melakukan pengeluaran produksi atau investasi, dimana pengeluaran-pengeluaran perusahaan tidak langsung habis dipakai tetapi dijadikan investasi untuk dipakai oleh sektor keluarga.
Pengeluaran pemerintah yaitu pengeluaran untuk pembentukan produk nasional, karena pengeluaran tersebut memperoleh balas jasa. Ekspor berwujud pendapatan dan impor ialah pengeluaran jadi ekspor dikurangi impor akan memperoleh ekspor neto (pendapatan bersih). 
Private consumtion expediture yaitu semua pengeluaran rumah tangga dan perseorangan serta lembaga-lembaga swasta  bukan perusahaan, akan membeli barang-barang dan jasa-jasa untuk memenuhi kebutuhannya yang bersifat langsung dipakai.
Pengeluaran investasi domestik bruto (Gross Private Domestic Investment) yaitu semua pengeluaran domestik yang dilakukan sektor swasta untuk mendirikan bangunan-bangunan baru, mesin-mesin baru, serta perlengkapan dan perubahan jumlah berbagai macam persediaan perusahaan. Pengeluaran pembelian pemerintah, ungkapan lain pengeluaran pemerintah untk barang-barang dan jasa-jasa (Gaverment expediture of goods and service) yang biasa disingkat pengeluaran pemerintah pengeluaran yang dari padanya memperoleh balas jasa.
Pengeluaran-pengeluaran pemerintah meliputi; pembayaran gaji pegawai, hakim, membeli peralatan-peralatan perang, membeli peralatan-peralatan kantor. yang bukan pengeluaran pemerintah (transfer pemerintah/Tr) karena tidak mendapat upah/ balas jasa yaitu : dana bos, subsidi (bantuan bencana).
Ekspor Neto (X-M) (lihat tabel) , jika ekspor besar maka neraca perdagangan baik karena adanya pendapatan yang baik, dan sebaliknya.
Rumus Pendapatan Nasional/ Produk Nasional (y) = C + I + G + (X - M)

  • Pendapatan Nasoinal Atas Dasar Biaya Faktor Produksi (tenaga kerja, skill, waktu, dll)


Tabel perkiraan pendapatan dan produk nasional bagian sebelah kiri memuat unsur-unsur pembentukan pendapatan nasional yang terdiri dari berbagai jenis pendapatan yang diperoleh para pemilik sumber daya sebagai imbalan keikutsertaannya dalam pembentukan produk nasional.
Pada garis besarnya dibedakan 4 unsur pendapatan nasional, yaitu ; upah dan gaji, sewa, bunga dan laba.
Upah dan Gaji ( Yw)
Upah dan gaji yang biasanya disebut dalam istilah asing wages and salaries merupakan pendapatan yang diperoleh rumah tangga keluarga sebagai imbalan terhadap pengguna jasa sumber tenaga kerja yang mereka gunakan dalam pembentukan produk nasional. Pengertian gaji dan upah tersebut dipakai dalam arti luas yaitu meliputi berbagai macam penerimaan karyawan dalam bentuk lainnya seperti misalnya tunjangan keluarga, tunjangan perumahan, tunjangan perawatan rumah sakit dan sebagainya oleh karena itulah mudah dipahami bahwa sementara penulis menyarakan pengguna istilah yang lebih luas cakupnya yaitu istilah kompensasi untuk karyawan atau compensation of employees.
Sewa ( Yr
Pendapatan Sewa (rental income) meliputi semua macam sewa atas pemakai aktiva tetap ( contohnya bangunan, mesin-mesin, dll) oleh pihak lain/ pemiliknya sendiri, kecuali kalau pihak penerima sewa atau pemakai pemilik aktiva tetap tersebut merupakan perusahaan yang hasil usahanya sudah tergolong ke dalam kategori laba. Dalam menghitung sewa rumah milik sendiri, misalnya dipergunakan metode imputasi / imputation.
Bunga ( Yi)
Variabel ekonomi agregatif ini meliputi semua pembayaran bunga modal pinjaman yang dibayar untuk sektor swasta, baik sektor keluarga maupun sektor perusahaan. Sedangkan bunga yang dibayar tetapi sebagai transfer pemerintah.
Laba ( Yp
= TR - TC ( Total penerimaan - Total pengeluaran)
Perbedaan antara jumlah penerimaan penjualan perusahaan per tahun merupakan laba/ profit perusahaan. Dalam perkiraan pendapatan dan produk nasional pada umunya dibedakan :

  1. Laba perusahaan perseorangan/ proprietors' income, yaitu laba yang diperoleh oleh perusahaan -perusahaan yang tidak berbentuk badan hukum
  2. Laba perusahaan perseroan/ corporate profit, yaitu laba yagn diperoleh oleh perusahaan  yang berbentuk badan hukum.
Akhir uraian dalam materi ini dapat disarikan dalam bentuk kesamaan pendapatan nasional atas dasar biaya faktor produksi sebagai berikut:
Y at factor = Yw + Yr + Yi + Yp
Keterangan : Yw = pendapatan nasional yang diperoleh dari upah dan gaji ... dst.
  • Tiga Macam pendekatan perhitungan pendapatan nasional
Dalam literatur biasanya disebut ada 3 macam pendekatan Pendapatan Nasional, yaitu:

  1. Pendekatan Hasil Produksi (product approach)
  2. Pendekatan Pendapatan (income approach)
  3. Pendekatan Pengeluaran (expenditure approach)
Ketiga macam pendekatan ini dengan sendirinya dapat dihubungkan dengan uraian kita tentang Perkiraan Pendapatan dan Produk Nasional, seperti telah dijelaskan dalam pembahasan diatas.

Pendekatan Produksi/ product approach
Pendekatan produksi adalah mencoba menghitung besarnya Pendapatan Nasional dengan cara mengumpulkan data tentang hasil akhir barang- barang dan jasa-jasa untuk suatu periode tertentu dari semua unit-unit produksi yang menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa tersebut. Semua nilai dan hasil akhir barang-barang dan jasa-jasa tersebut dijumlahkan. Apabila jumlah ke-1 kita tandai dengan Q1, produk ke-2 kita tandai dengan Q2 dan seterusnya hingga produk ke-n kita tandai dengan Qn. Sedangkan dilain pihak, harga satuan produk ke-1 kita tandai dengan P1, harga satuan ke-2 kita tandai dengan P2 dan seterusnya, maka dalam bentuk persamaan matematik pendekatan produk akan seperti :
NI = P1Q1 + P2Q2 ............. PnQn
Atau secara singkat dapat digambarkan sebagai berikut:

Yang artinya, Pendapatan Nasional atas dasar harga pasar (NI) besarnya sama dengan produk nasional atas dasar harga pasar.
Contoh soal beserta penyelesaian pada gambar berikut:

Pendekatan Pendapatan (income approach)
adalah menghitung pendapatan nasional dengan cara mengumpulkan data pendapatan yang diperoleh rumah-rumah tangga. Dengan komponen pendapatn nasional yaitu Upah, gaji, sewa, bunga, laba.
Pendekatan Pengeluaran (expenditure approach)
adalah menghitung besarnya pendapatan nasional degnan cara menjumlahkan seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh keempat sektor dalam perekonomian (sektor rumah tangga, sektor perusahaan, sektor pemerintah, sektor perdagangan internasional). 
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat yah, Love You My Viewers
Sumber : catatan kuliah Stevani Manuhutu
Artikel terkait
 KONSEP PENDAPATAN NASIONAL

No comments:

Post a Comment